PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA DENGAN INDONESIA

Nov 24,2018
Abdul Saidir Amir Mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Ekonomi Unesa abdul.17070925406@mhs.unesa.ac.id Abstrak Tulisan ini bertujuan akan membandingan system pendidikan Finlandia dengan Negara Indonesia, variable pembanding adalah jenjang pendidikan, anggaran pendidikan, metode pembelajaran, system penilaian, ujian, kurikulum dan guru dengan data-data yang ada, dengan harapan menemukan persamanan dan perbedaan antara kedua Negara demi kemajuan peradaban kemanusiaan khususnya dalam bidang pendidikan. Kata Kunci: Finlandia, perbandingan, Indonesia, variable pembandingAbstractThis paper aims to compare the Finnish education system with the State of Indonesia, the comparative variables are education level, educational budget, learning method, assessment system, test, curriculum and teacher with existing data, in the hope of finding security and difference between the two countries for the sake of progress humanitarian civilization especially in the field of education.Keywords: Finland, comparison, Indonesia, comparative variable
PENDAHULUANOrganisasi internasional yang menaungi tentang pendidikan dan kebudayaan dibawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) adala UNESCO, sebagai kesepakatan dunia tentang Education for All (EFA) berawal dari pertemuan World Education Forum di Dakar, Senegal tahun 2000 bahwa disana telah ditetapkan pencapaian penuntasan EFA pada tahun 2015. Kemudian oleh PBB telah mencanangkan program tentang pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) berlaku pada tahun 2015-2030 diantara tercakup didalamya pembangunan manusia seluruh dunia melalui pendidikan.Landasan hukum system pendidikan Indonesia yang tertinggi yaitu Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang berbunyi: “..mencerdaskan kehidupan bangsa..” adalah tujuan dari Negara ini dimerdekakan dengan penekanan bahwa bangsa Indonesia harus cerdas dan jenius sehingga mampu berdiri dan bersaing dengan Negara-negara lain didunia sesuai dengan amanah konsitusi. Bangsa Indonesia harus optimis akan kehidupan yang makmur dan sentosa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan paradigma sederhana “to build Nation, Build scools” untuk membangun Negara yang besar harus dimulai dari bangku sekolah. Tidak boleh ada anak bangsa yang tidak menimbah ilmu dibangku sekolah, tidak boleh ada anak bangsa yang buta huruf juga buta aksara sejalan dengan tujuan pendidikan ialah mempersiapkan generasi yang mampu memanusiakan manusia sekaligus memiliki perpaduan kecerdasan akal (IQ) dengan keluhuran nurani (EQ) atau generasi Ulul Albab yaitu generasi Milenial tidak terkecuali generasi X maupun Z yang memilki ketajaman dalam berpikir yang dilandasi dengan akhlak yang terpuji.1. permasalahan penelitian; Ada beberapa pertanyaan sederhana yang muncul dalam pikiran kita terkait dengan tema ini, misalnya Mengapa Negara Finlandia yang menjadi kiblat system pendidikan saat ini ?, atau, Apa yang membedakan Finlandia dengan Indonesia dalam bidang pendidikan ?, bahkan muncul pula pertanyaan, apakah Indonesia harus mencontoh semua system pendidikan yang dianut oleh Finlandia? 2. wawasan dan rencana pemecahan masalah; Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia.Tahun 2013, populasi Finlandia sekitar 5,5 juta jiwa dan mayoritas tinggal di kawasan selatana. Dari luas, negara ini menempati luasan kedelapan terbesar di Eropa dan negara yang memiliki kepadatan penduduk terendah di Uni Eropa. Finlandia adalah negara republik parlementer dengan pemerintah pusatnya di ibukota Helsinki, pemerintah lokal di 317 munisipalitas, dan daerah otonomi Kepulauan Åland. Lebih dari 1,4 juta jiwa tinggal di kawasan Helsinki Raya, yang menghasilkan sepertiga produk domestik bruto negara. Kota besar lainnya adalah Tampere, Turku, Oulu, Jyväskylä, Lahti, dan Kuopio (Wikipedia)Area 338.432 km2, meliputi 33.522 km2 perairan darat. Jarak terjauh timur-barat, 515 km; utara-selatan, 1.030 km. Pantai, 2.353 km. Tertinggi – Mount Haltia, 1.324 meter di atas permukaan laut. Terendah – permukaan laut. Produk utama Pertanian – barley, daging sapi, susu, gandum, daging babi, kentang, unggas, gula bit, gandum. Kehutanan – birch, pinus, cemara. Manufaktur – elektronik, mesin, produk kertas, produk kayu. Pertambangan – tembaga, nikel, seng.Lagu kebangsaan “Maamme” (dalam bahasa Finlandia) atau “Vart Land” (dalam bahasa Swedia), yang berarti “Tanah kami.” Mata uang Euro. Populasi Finlandia menjadi semakin beragam dalam beberapa dekade terakhir karena imigrasi. Tapi tiga kelompok etnis utama telah lama membentuk komposisi penduduk Finlandia. Mereka adalah etnis Finlandia, Swedia, dan Sami (sebelumnya disebut Lapp). Etnis Finlandia membentuk kelompok terbesar, sekitar 94 persen dari total populasi. Mereka kemungkinan besar berasal dari beberapa kelompok yang bermigrasi ke daerah ini ribuan tahun yang lalu. Orang-orang berbahasa Swedia membentuk sekitar 6 persen dari populasi, yang mencerminkan kehadiran historis Swedia di Finlandia. Sebagian besar dari hampir 6.000 orang Sami adalah petani dan penggembala rusa yang tinggal di wilayah utara jauh Finlandia yang dikenal sebagai Lapland. Bahasa Finlandia dan Swedia adalah bahasa resmi Finlandia. Kebanyakan orang Finlandia adalah bilingual (dapat menggunakan dua bahasa). Mereka mengklaim bahasa Finlandia, bahasa Finno-Ugric yang terkait dengan bahasa Estonia dan Hungaria, sebagai bahasa ibu mereka. Orang Swedia mengklaim bahasa Swedia sebagai milik mereka. Orang Sami berbicara dalam salah satu dari tiga dialek bahasa, juga disebut Sami. Finlandia telah tertutup oleh gletser setidaknya tujuh kali. Yang terakhir terjadi antara 70.000 dan 10.000 tahun SM. Massa es meluncur turun dari dataran tinggi Skandinavia. Saat meluncur turun, massa es ini “memoles” bukit berbatu ke dalam bentuk efisien dan memotong cungkilan dan lekukan di seluruh permukaan batu. Tanahnya seolah-olah dikikis oleh buldoser raksasa. Ketika gletser terakhir mencair, gletser itu meninggalkan dua pegunungan pasir dan kerikil besar di Finlandia selatan, yang dikenal sebagai Salpausselka. Ada tiga daerah daratan utama di Finlandia: pesisir, pedalaman, dan Arktik. Wilayah pesisir pantai yang rendah dan subur membentang di sebelah barat dan barat daya negara itu. Sebagian besar kegiatan pertanian Finlandia dan sebagian besar kota-kota di negara itu berada di wilayah ini. Di bawah Lingkaran Kutub Utara, lanskap pedalaman naik ke dataran tinggi yang bergulir perlahan. Ketinggian berkisar antara 100 sampai 200 meter. Daerah ini ditutupi oleh hutan dan dihiasi dengan ribuan danau. Di utara, di atas Lingkaran Kutub Utara, vegetasi menipis dan tanah naik, terutama mendekati Norwegia. Gunung Haltia, di barat laut, adalah titik tertinggi negara, dengan ketinggian 1.328 meter. Teluk Finlandia, Laut Baltik, dan Teluk Bothnia telah lama menjadi jalur negara untuk berhubungan dengan seluruh Eropa. Lebih dari 190.000 danau dan sungai pedalaman Finlandia berfungsi sebagai jalur perjalanan dan perdagangan. Orang-orang melakukan perjalanan dengan perahu di bulan-bulan hangat dan dengan berjalan kaki atau kereta luncur di musim dingin. Sungai-sungai terpanjang adalah Kemi dan Oulu. Salah satu jalur air yang paling penting di negara itu, Kanal Saimaa, dibuka pada tahun 1856. Jalur ini menghubungkan kota Lappeenranta di Danau Saimaa dengan Vyborg di Teluk Finlandia. Sebuah proyek bersama Finlandia-Soviet untuk meningkatkan kapasitas kanal selesai dilakukan pada tahun 1968. Kanal berfungsi sebagai pembawa utama kargo dan sebagai jalan untuk berwisata perahu. Ekonomi Finlandia modern, berteknologi maju, dan sangat tergantung pada konsumsi dan perdagangan untuk mempertahankan kemakmuran. Industrialisasi dimulai pada akhir 1800-an dan terus berkembang cepat setelah Perang Dunia II (1939-1945). Industri menjadi semakin penting, sementara sektor jasa mengalami sedikit penurunan. Perekonomian Finlandia mengalami perubahan besar pada tahun 1990-an. Paruh pertama dekade itu adalah masa resesi dan pengangguran tinggi. Pemulihan datang di akhir 1990-an. Finlandia membangun pasar baru di Eropa Barat dan negara-negara Baltik dan bergabung dengan Uni Eropa (UE). Yang paling penting bagi Finlandia adalah pertumbuhan sektor elektronik, terutama industri telepon seluler atau telekomunikasi nirkabel. Nokia Corporation, pemasok ponsel terkemuka di dunia, adalah perusahaan asal Finlandia yang paling terkenal di dunia. Sektor manufaktur memiliki tiga divisi utama: mesin dan teknik berbasis logam, hasil hutan, dan peralatan telepon dan elektronik. Produk manufaktur divisi pertama meliputi kapal, mesin kapal, platform minyak, mesin pembuatan kertas, peralatan memotong dan pemboran, crane, lift, dan logam. Hasil hutan meliputi kayu dan produk kayu, kertas, dan bubur kertas. Divisi manufaktur ketiga menghasilkan peralatan rumah tangga, radio, televisi, dan peralatan telekomunikasi. Selama berabad-abad, Finlandia perlahan-lahan mendorong batas zona pertanian mereka jauh menuju pedalaman timur laut. Mereka membangun jalan dan rel kereta api untuk membuka perbatasan ini. Mereka membersihkan hutan dan mengeringkan rawa untuk membuka ladang dan padang rumput. Mereka mendirikan koperasi untuk memfasilitasi produksi, pengolahan, dan pemasaran. Hari ini kurang dari 5 persen orang Finlandia hidup dari pertanian. Namun pertanian yang kecil ini telah menyediakan sebagian besar kebutuhan negara akan daging, produk susu, sayuran, dan biji-bijian. Makanan lain, terutama tanaman yang tidak bisa tumbuh di iklim Finlandia, diimpor dari luar negeri. Kayu adalah “emas hijau” bagi Finlandia, dan pengembangan awal industri di negara itu didasarkan pada eksploitasi sumber daya ini. Hampir tiga perempat dari luas daratan negara itu adalah hutan. Jika dihitung, Finlandia memiliki sekitar 5 hektar hutan untuk setiap orang di negeri ini. Kayu dan produk kayu adalah ekspor negara yang paling penting, dan Finlandia adalah salah satu produsen kertas dan bubur kertas terkemuka di dunia. Finlandia tergantung pada sumber-sumber luar untuk menghasilkan banyak energi. Finlandia tidak memiliki cadangan batubara atau minyak, meskipun kayu dan gambut tersedia. Sekitar 40 persen listrik negara dihasilkan dari bahan bakar fosil tanaman. Kurang dari 20 persen berasal dari pembangkit listrik tenaga air, yang sebagian besar terletak di utara di sepanjang sungai Oulu dan Kemi. Tenaga nuklir menyediakan hampir 30 persen listrik negara ini. Beberapa kota terbesar Finlandia adalah pelabuhan, seperti pelabuhan Helsinki dan Turku dan pelabuhan danau Tampere dan Lappeenranta. Karena banyaknya danau dan kanal di negara itu, kapal merupakan sarana transportasi yang vital. Sistem kereta api dikembangkan dengan baik di sepanjang jalur utama timur-barat dan utara-selatan. Karena hubungan dekat Finlandia dengan Rusia pada 1800-an, kedua negara berbagi ukuran jalur yang lebar, lebih dari standar jalur Eropa. Kontainer yang mudah dibuka tutup digunakan untuk mengatasi perbedaan ketika berhadapan dengan barang-barang dari Eropa. Maskapai penerbangan nasional Finlandia, Finnair, melayani tujuan domestik dan internasional. Helsinki adalah ibu kota, kota terbesar dan pusat bisnis, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan Finlandia. Populasi kota ini melebihi angka 600.000 jiwa. Wilayah Helsinki Besar, yang mencakup Helsinki, Espoo, dan Vantaa, memiliki populasi lebih dari 1,3 juta jiwa. Meskipun Helsinki didirikan pada tahun 1550, kota ini relatif belum berkembang sampai tahun 1800-an. Helsinki menjadi ibu kota negara pada tahun 1812. Helsinki juga merupakan situs Olimpiade Musim Panas tahun 1952. Espoo, kota terbesar kedua Finlandia dan bagian dari Helsinki Besar, memiliki penduduk sekitar 250.000 jiwa. Dibangun secara unik di atas lima pusat pengembangan, Espoo adalah rumah bagi University of Technology, fasilitas budaya dan rekreasi, dan kantor pusat Nokia Corporation. Turku (Abo) terletak di pantai barat daya. Kastil dan katedral kota ini berasal dari tahun 1200-an. Abo Academy (universitas Finlandia berbahasa Swedia) terletak di sana. Demikian juga Turku School of Economics and Business Administration. Finlandia adalah republik, dan pemerintah didasarkan pada konstitusi tahun 2000 yang sudah direvisi. Presiden, kepala negara, dipilih untuk menjabat selama enam tahun oleh rakyat. Presiden memegang kekuasaan eksekutif dengan kabinet (Dewan Negara). Kekuasaan legislatif terletak pada parlemen 200-kursi unikameral (satu rumah), atau Eduskunta. Pemilihan Eduskunta diadakan setidaknya setiap empat tahun sekali. Keputusan penting, seperti menyatakan perang, harus disetujui oleh parlemen. Cabang yudisial memiliki tiga tingkat: pengadilan lokal, enam pengadilan banding regional, dan Mahkamah Agung. Pengadilan lokal biasanya dipimpin oleh tiga panel dan pimpinan yang memiliki pelatihan hukum. Hakim profesional bertanggung jawab untuk keputusan di tingkat banding. Mahkamah Agung memiliki 22 hakim yang diangkat oleh presiden. Mereka biasanya bertugas seumur hidup. Semua warga negara yang berusia 18 tahun atau lebih memiliki hak pilih. Hak asasi manusia dijamin oleh konstitusi. Pria harus ikut wajib militer atau dinas alternatif.Republik Indonesia(RI), umumnya disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 263.846.946 juta jiwa pada tahun 2016, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 220 juta jiwa. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.Ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda, Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belandamenyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan, ancaman dan tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri atas bangsa asli pribumiyakni Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia di mana bangsa Austronesia yang terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian barat. Secara lebih spesifik, suku bangsa Jawaadalah suku bangsa terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia. Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda namun tetap satu"), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. (Wikipedia)(3) rumusan tujuan penelitian; Tujuan adalah untuk membahas Mengapa Negara Finlandia menjadi kiblat system pendidikan saat ini ?, kemudian menjelaskan apa yang membedakan Finlandia dengan Indonesia dalam bidang pendidikan ?, lalu menjelaskan apakah Indonesia harus mencontoh semua system pendidikan yang dianut dan dijalankan oleh Finlandia? METODEAnalisis data. a. Jenjang pendidikanAspekIndonesiaFinlandia Wajib belajar 9 tahun 9 tahun Pra-pendidikan Pendidikan usia dini Pendidikan usia dini Pendidikan Dasar SD : 7-12 Tahun SMP: 13-15 tahun Comprehensive school SD :7-12 SMP: 13-15 Pendidikan Menengah SMA: 16-18 SMK: 16-18 Upper Secondary School SMA 16-18 Tahun Vacational School and Apprenticeship Training 16-18 Tahun Pendidikan Tinggi Sarjana S1 selama 4 tahun, Program Profesi, Magister (S2) selama 2 tahun.Program Spesialis (SP) dan Program doktoral (S3) selama 3 tahun. Diploma I, II, II,IV Bachelor's Degree (S1) selama 3 tahun . Master's Degree (S2) selama 2 tahun. Doctorate Degree (S3) Polytechnic Bachelor's Degree (S1) selama 3-4 tahun . Polytechnic Master's Degree (S2) selama 1-2 tahun b.Anggaran danaAspekIndonesiaFinlandia Anggaran dana 20% dari seluruh total anggaran Negara sebesar Rp.419,8 T 20% dari seluruh total anggaran Negara sebesar Rp.200 T Pembiayaan pendidikan Adanya dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk biaya pendidikan dari jenjang SD sampai SMP. Biaya pendidikan di Finlandia seluruhnya gratis, mulai pendidikan dasar hingga universitas. c.Tenaga PendidikAspekIndonesiaFinlandiaKualifikasi guruJenjang pendidikan dasar dan Menengah (SD,SMP, dan SMA) minimal lulusan Sarjana (S1) dilanjutkan dengan program PPG atau sertifikasi sebagai tanda kelayakan sebagai guru Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) minimal lulusan Master's Degree (S2). Guru juga harus memiliki kompetensi yang sangat baik pada penguasaan bahasa Finlandia atau Swedia Rekrutmen guru Proses perekrutan di Indonesia menggunakan ujian nasional CPNS atau jika diperlukan mendesak di daerah-daerah yang membutuhkan guru, diadakan ujian CPNS setingkat daerahSeorang guru calon harus memiliki nilai yang sangat baik dan harus memerangi perlawanan sengit untuk menjadi seorang guru. Hanya sekitar 10% dari pelamar untuk program tertentu berhasil Gaji Guru Gaji guru di Indonesia berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta rupiah per bulanRata-rata guru bergaji USD28.780 atau Rp321 juta per tahun atau sekitar Rp 27 juta per buland.Proses PembelajaranAspekIndonesiaFinlandia Metode Pembelajaran Menggunakan metode saintifik (Menggamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, mengomunikasikan Konsep Pembelajaran yang Berorientasi Siswa Aktif Organisasi sekolah dan pendidikan didasarkan pada konsep pembelajaran yang berfokus pada aktivitas siswa dan interaksi dengan guru, siswa dan lingkungan belajar. penekanan khusus pada kerja kelompok, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah Peran Guru Sebagai fasilitator Sebagai fasilitator satu kelas terdapat tiga guru, satu guru sebagai guru utama dengan kualifikasi S2 dan dua guru pembatu dengan kualifikasi S1 Mata pelajaran wajib SD SMP SMA : IPA, IPS, Bahasa Mata pelajaran di finlandia terdiri dari 6 mata pelajaran inti yang semuanya terbungkus dengan kata orientation Jam belajar SD 36 jam pelajaran per minggu (35 menit/jam pelajaran) -SMP38 jam pelajaran per minggu (40 menit/ jam pelajaran)-SMA44 jam pelajaran per minggu (45 menit/jam pelajaran Rata-rata 30 jam perminggu HASIL DAN PEMBAHASANKualitas pendidikan terbaik dunia adalah Finlandia. Peringkat 1 Dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survei internasional yang komprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD ). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga Matematika. Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga menunjukkan keunggulannya dalam pendidikan untuk anak-anak lemah mental (PLB). Urutan ke-1 dari 43 negara dalam kemampuan membaca
Dari 41 negara: urutan ke-2 dalam matematika, urutan ke-1 dalam kemampuan membaca, urutan ke-1 dalam sains (bersama dengan Jepang), urutan ke-2 dalam pemecahan masalah Analis data system pendidan yang dianut oleh Finlandia dengan Indonesia secara sederhana sebagai berikut : (1) Jenjang Pendidikan Finlandia dan Indonesia sama dalam penerapan Wajib Belajar 9 tahun, yang artinya kedua Negara ini memiliki komitmen yang sama bahwa perta didik dianggap dan diakui sebagai siswa tamat pendidikan dasar jika telah menempuh pendidikan lanjutan atau SLTP dan semacamnya. Finlandia dan Indonesia juga meiliki kesamaan penerapan dalam aspek pra-pendidikan seperti TK, PAUD dan sejenisnya dengan usia peserta didik sebelum masuk jenjang pendidikan dasar. Sejak Pra-TK siswa diajar untuk memilih bidang yang disukai, mengevaluasi dirinya sendiri, bertanggung jawab atas pekerjaan/pelajaran mereka. Guru tidak harus selalu mengontrol mereka. Ada yang sangat menarik dalam system pendidikan Finlandia, di sana sangat tegas menekankan kepada calon siswa SD/ Comprehensive school yaitu harus telah berusia 7 tahun. Usia tersebut dianggap telah siap untuk belajar di bangku SD setelah melalui masa-masa bermain di jenjang pendidikan sebelumnya. Di Finlandia lama belajar di jenjang SD juga sama seperti Indonesia yaitu 6 tahun atau usia antara 7-12 tahun. Kemudian untuk jenjang SMU/SMK atau Upper Secondary School/Vacational School and Apprenticeship Training lama belajar kedua Negara memilki kesamaan yaitu 3 tahun atau usia siswa antara 16-18 tahun.Lalu untuk jenjang endidikan Tinggi atau universitas di Indonesia, sarjana lengkap/strata satu (S1) studi selama 4 tahun Program Profesi, Magister (S2) selama 2 tahun.Program Spesialis (SP) dan Program Doktoral (S3) selama 3 tahun. Sementara sistem pendidikan negara Finlandia untuk Bachelor's Degree (S1) selama 3 tahun, Master's Degree (S2) selama 2 tahun. Doctorate Degree (S3), Polytechnic Bachelor's Degree(S1) selama 3-4 tahun . Polytechnic Master's Degree (S2) selama 1-2 tahun. Dari hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan standar minimal lama studi di kedua negara tersebut, starata satu (S1) pada semua fakultas atau jurusan harus dilalui minimal delapan semester atau empat tahun. Kemudian untuk Program Pasca Sarjana starata dua (S2) kedua negara memilki kesamaan yaitu empat semester atau dua tahun. Dan jenjang Program Pascasarjana atau program Doktoral (S3) lama studi minimal tiga tahun.(2) Anggaran dana Semua biaya pendidikan di Finlandia didanai oleh negara. Pembangunan sekolah dan kampus lengkap dengan sarana dan prasarananya yang terkai dengan proses pembelajaran. Tapi bukan hanya itu di Finlandia biaya atau pembayaran sekolah ditanggung oleh Negara dari TK hingga Perguruan Tinggi, dan yang unik biaya-biaya di sekolah seperti makanan dan miniman di kantin gratis, tidak terkecuali transportasi antar jemput siswa kesemuanya adalah tanggung jawab Negara jika sulit dijangkau kendaraan maka akan diganti dengan subsidi. Di Indonesia kita mengenal pendidikan gratis, Biaya Operasional Sekolah (BOS), Progran Indonesia Pintar. Pendidikan gratis untuk pendidikan dasar (SD-SMP) sesuai Pasal 31 ayat (2) UUD 1945: “setiap warga Negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan Negara wajib membiayainya”. Pasal 31 ayat (4) UUD 1945, mengamanahkan bahwa anggaran pendidikan Indonesia minimal 20% dari Anggran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maka pendidikan Indonesia pada tahun anggran 2017 digelontorkan dana sekitar Rp 419,8 Triliun untuk kelancaran dan suksesnya system pendidikan. Sementara Negara Finlandia juga memiliki alokasi paling sedikit 20% dari APBNnya dengan anggaran sekitar 200 Triliun. Sistim pendidikan Finlandia membuka ruang-ruang selebar-lebarnya bagi setiap warga negaranya untuk bisa mengakses pendidikan terbaik dan berkualitas, Selain mensubsidi penuh sekolah-sekolah, negara juga memberikan makan siang, layanan kesehatan dan angkutan umum gratis untuk pelajar tanpa kecuali. (3) Tenaga PendidikTenaga Guru yang mengajar di jenjang SD,SMP dan SMA di Indonesia pada umumnya berlatar belakang pendidikan stara satu (S1), kemudian melanjutkan Program PPG/PLPG sebagai syarat pengakuan sebagai guru yang layak dan professional untuk menjadi tenaga pengajar dan pendidik pada jenjag tersebut. Sementara di Finlandia guru yang mengajar pada jenjang SD dan SMP minimal lulusan Master's Degree (S2). Guru juga harus memiliki kompetensi yang sangat baik pada penguasaan bahasa Finlandia atau Swedia. Kemudian dari segi rekrutmen guru di Finlandia calon guru harus memiliki nilai yang sangat baik dan harus memerangi perlawanan sengit untuk menjadi seorang guru. Hanya sekitar 10% dari pelamar untuk program tertentu berhasil dari kualifikasi akademik calon guru harus masuk dalam sepuluh besar (the ten best) di kampus jika tidak maka pupuslah harapan untuk menjadi seorang orang guru. Sementara proses perekrutan di Indonesia menggunakan ujian Naional CPNS atau jika diperlukan mendesak di daerah-daerah yang membutuhkan guru, diadakan ujian CPNS atau program rekrutmen strategis seperti program 3T (terluar, terdepan, terpencil) Gaji guru di Indonesia berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta rupiah per bulan, Rata-rata guru bergaji USD28.780 atau Rp321 juta per tahun atau sekitar Rp 27 juta per bulan (4) Metode pembelajaranPada kurikulum 2013 Indonesia menggunakan metode saintifik dalam proses belajar mengajar (Menggamati, menanya, mencoba, mengasosiasi,mengomunikasikan), berbeda dengan Finlandia mereka mengenal Konsep Pembelajaran yang Berorientasi Siswa Aktif Organisasi sekolah dan pendidikan didasarkan pada konsep pembelajaran yang berfokus pada aktivitas siswa dan interaksi dengan guru, siswa dan lingkungan belajar. Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran dan menekankan pentingnya kerja kelompok, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah (solving problem) Sekarang ini Finlandia sedang menjalankan revolusi metode pengajaran, yakni mulai menggantikan metode konvensional “mengajar dengan subjek” menjadi “mengajar dengan topik/fenomena”. Dalam metode lama, siswa belajar dengan satu subjek tertentu per mata pelajaran, seperti sejarah, geografi, fisika, matematika, bahasa dan lain-lain. Dalam metode yang baru, pengajaran berbasiskan topik atau fenomena, pelajar akan belajar banyak subjek sekaligus. Sebagai misal, topik tentang Uni Eropa, di dalamnya ada soal sejarah, geografi, bahasa dan ekonomi. Finlandia, peran guru Sebagai fasilitator satu kelas terdapat tiga guru, satu guru sebagai guru utama dengan kualifikasi S2 dan dua guru pembatu dengan kualifikasi S1. Di Indonesia jumlah jam belajar siswa SD 36 jam pelajaran per minggu (35 menit/jam pelajaran) -SMP 38 jam pelajaran per minggu (40 menit/ jam pelajaran)-SMA44 jam pelajaran per minggu (45 menit/jam pelajaran bahkan pemerintah punya wacana untuk memaksimalkan waktu belajar siswa dengan sistem belajar satu hari penuh (full school day), sementara di Finlandia Jumlah rata-rata jam belajar adalah 30 jam perminggu dengan kesempatan beristirahat 75 menit kemudian ada istirahat 15 menit per setiap pelajaran berakhir. Orang Finlandia percaya bahwa waktu istirahat dan bersantai yang cukup membantu siswa untuk fokus kembali untuk belajar. Selain itu istirahat memmberikan kesempatan untuk siswa untuk berinteraksi sesama siswa. Di Indonesia rata-rata sekolah menerapkan jam masuk pelajaran adalah jam 07.30 bahkan sebelum itu misalnya pada hari senin untuk melaksanakan upacara bendera agar siswa terbiasa hidup disiplin dan penanaman rasa kebangsaan dan cinta tana air. Sedangkan di Finlandia anak-anak diberi kesempaatan istirahat tidur berkualitas di pagi hari. Karena jam sekolh dimulai sekitar pukul 09.00 atau 09.45 waktu setempat Di Indonesia dikenal sebagai Negara yang majemuk (plural) terdiri dari beragam agama, suku, ras dan lain-lain. Karena dengan dasar pertimbangan Binneka Tunggal Ikha pemerintah menerapkan suatu aturan agar mendapat perlakuan yang sama dan setara antar sesama siswa maka siswa diwajibkan memakai baju seragam. SD dengan cirri khasnya baju putih dengan celana/rok warna merah-hati, jenjang SMP memakai baju putih berpasangan dengan celana/rok warna biru, dan jenjang SMA memakai baju warna putih dipasangkan dengan celana/rok warna abu-abu.sehingga dengan memakai baju seragam peserta didik merasa dan akan terbiasa dengan perbedaan dan keberagaman dan keadilan. Nilai-nilai keadilan, kebersamaan yang bersumber dari Pancasila ditanamkan dari bangku sekolah, dengan kata lain Indonesia punya jati diri atau karakteristik yang berbeda dengan Negara lain yang menjadi Indonesia unik dari Negara lain. Misalnya Finlandia memberiikan kesempatan kepada peserta didiknya tidak memakai baju seragam atau bebas memilih pakaian semaunya demikian juga gurunya diperbolehkan memakai jeans . di Indonesia dengan budaya ketimurannya menjunjung etika bagaimana berpakaian yang diatur oleh banyak norma seperti norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan dan lainnya4. Sistem penilaian dan ujianDi Indonesia memilki amat banyak ujian, dengan alasan sebagai strandar untuk mengetahui kualitas siswanya dari SD,SMP, SMA bahkan sampai universitas siswa/mahasiswa diperhadapkan pada sederatan ujian ada ujian. Ada ujian blok, ulangan harian, UAS, UTS, UN, US, UAMBN. Dan masih banyk banyak lagi ujian termasuk ujian praktek dan penilaian sikap(afektif). Sementara di Finlandia tidak mengenal istilah ujian, siswa hanya diuji pada saat berusia 16 tahun. Dengan ujian tersebut siswa di Indonesia diketahui kualitasnya secara berurutan atau rangking yang paling cerdas tertu akan menempati posisi rangking satu dan seterusnya. Sementara di Finladia tidak ada istilah rangking mereka berkeyakinan bahwa semua siswa adalah istimewa dan layak menjadi rangking atau tidak ada siswa yang tolol. Indonesia, sebelum kenaikan kelas diadakan ujian untuk menentukan apakah siswa tersebut layak naik kelas atau tidak, sementara di Finlandia tidak ada ujian kenaikan kelas semua naik kelas dengan kata lain semua siswa telah memililki pengetahuan dan kelayakan untuk naik kelas. Ucapan Terima Kasih Terimah kasih kepada Bapak Dr.Wapodo Tjipto Subroto, M.Pd yang telah memberikan banyak masukan terhadap penulisan ini dan kepada semua pihak yang telah membantu semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan pertolongannya. PENUTUPKesimpulan1. Finlandia dijadikan sorotan karena urutan ke-1 dari 43 negara dalam kemampuan membaca dari 41 negara: urutan ke-2 dalam matematika, urutan ke-1 dalam kemampuan membaca, urutan ke-1 dalam sains (bersama dengan Jepang), urutan ke-2 dalam pemecahan masalah2. Banyak persaamaan antara system pendidikan antara Finlandia dengan Indonesia seperti jenjang pendidikan dan lama studi. Namun terdapat juga banyak perbedaan yang sangat signifikan seperti Indonesia mengunakan kurikulum secara nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah, insentif guru Finlandia jauh lebih besar dibandingkan kesejahteraan guru di Indonesia, jumlah jam belajar siswa di Indonesia relative lebih padat dan lebih sedikit waktu untuk bersantai. Di Indonesia diwajibkan memakai pakaian seragam sebagai wujud kebersamaan dalam perbedaan dan keadilan dan etika. Kemudian system pendidikan Indonesia menganut banyak ujian dengan tuujuan mengevaluasi dan mengetahui kualitas manusia Indonesia sementara di finlandia nyaris tidak ada ujian.3. Indonesia sebagai bagian dari dunia internasional memiliki karakteristik dan nilai-nilai luhur yang berbeda dengan Negara lain, jadi tidak semua system dan kebudayaan Negara lain bisa diterapkan dindonesia demikian juga sebaliknya.Saran· Untuk pembaca, demi kesempurnaannya saran dan kritik yang membangun kami nantikan· Untuk Dosen Pengampu, mohon saran dan bimbingan demi kualitas yang lebih baik.DAFTAR PUSTAKAUNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.Soedijarto.Prof.Dr.H.MA,1998 Kemana arah Pendidikan kitaAgung Wibowo. Muhammad. 2014.. Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dengan Negara lainhttps://www.slideshare.net/abih12/bahan-presentase-bahasa-indonesia-belum-siap-perbandingan-sistem-pendidikan-di-indonesia-dgn-finlandiaSusanti. Ari. 2012. Kualitas Pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di Dunia https://obatajaib.wordpress.com/2012/06/10/kualitas-pendidikan-finlandia-adalah-yang-terbaik-di-dunia-saat-ini/Kaskus. 2014. 12 Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia & Finlandia https://www.kaskus.co.id/thread/53d7302614088d8e348b4571/12-perbedaan-sistem-pendidikan-indonesia-amp-finlandia--meme-update/Bhataramedia.2014. mengenal sistem pendidikan terbaik dunia ala finlandia http://www.bhataramedia.com/536/mengenal-sistem-pendidikan-terbaik-dunia-ala-finlandia/2014/09/28/Eramuslim.2016. Inilah 10 fakta tentang pendidikan di Finlandiahttps://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/inilah-10-fakta-tentang-pendidikan-di-finlandia.htm#.WiSvdtKcGDICarapedia. Menegenal sistem pendidikan negara Finlandia.https://carapedia.com/mengenal_sistem_pendidikan_negara_finlandia_info4082.htmlSalamedukasi.2014 Finlandia kurikulum dengan Kualitas.http://www.salamedukasi.com/2014/11/finlandia-kurikulum-dengan-kualitas.htmlRosdiana.blogspot.2013. Pendidikan di Finlandiahttp://rosdianablog.blogspot.co.id/2013/05/pendidikan-di-finlandia.htmlFrancisca.Christy.32 hal yang bikin sistem pendidikan di Finlandia maju pesat dibandingkan Indonesia https://life.idntimes.com/education/francisca-christy/23-hal-yang-bikin-sistem-pendidikan-di-finlandia-maju-pesat-dibandingkan-indonesia/fullhttp://www.berdikarionline.com/10-fakta-tentang-pendidikan-finlandia/https://www.kaskus.co.id/thread/52d73801ffca171b7a8b45e3/mengapa-finlandia-memiliki-sistem-pendidikan-terbaik-di-duniahttps://sbelen.wordpress.com/2011/08/08/mengapa-mutu-pendidikan-finlandia-terbaik-di-dunia/https://www.hipwee.com/feature/sekolah-cuma-5-jam-tanpa-pr-ujian-nasional-kenapa-orang-finlandia-bisa-pintar/https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Finlandia